Istilah – Istilah dalam Pembakaran Mesin Diesel

Ketukan Diesel (Diesel Knock)
Hal ini adalah bunyi seperti metalik yang terjadi dalam mesin diesel, khususnya dalam kisaran dan idle kecepatan rendah. Bunyi ini disebabkan kenaikan tekanan yang cepat yang dihasilkan dari fase pembakaran yang tidak terkendali.

Turbulensi
Turbulensi adalah gerakan udara terkompresi di dalam ruang pembakaran untuk memastikan pencampuran yang menyeluruh antara bahan bakar yang diatomisasi dan udara agar menghasilkan pembakaran bahan bakar yang sempurna.

Turbulensi dapat dihasilkan oleh:
Induksi

  • Dimana inlet valve dan induction port bersudut dirancang untuk menghasilkan suatu gerakan berputar pada pengisian udara segar.

Kompresi

  • Dengan menggunakan piston crown yang dibentuk dengan khusus
  • Dengan menggunakan swirl chamber yang terpisah dalam kepala silinder.

Pembakaran

  • Dimana pembakaran dimulai dalam suatu pra pembakaran dan mengalir ke dalam ruang utama.

Efek squish
Squish adalah suatu bentuk turbulensi udara dan merupakan gerakan udara yang cepat dari dinding silinder menuju pusat silinder, selama tahap selanjutnya pada compression stroke dalam rancangan ruang terbuka.

Masked Valve
Masked valve yang ditutup mempunyai sebuah deflector pada sisi muka kepala katup yang menyebabkan udara masuk mengalir pada jalur yang terarah yang mengakibatkan bahwa udara berputar di sekeliling lingkar silinder.

Tangential Port
Tangential port digunakan pada mesin 2 stroke untuk membantu mempromosikan turbulensi dan secara efektif membersihkan gas buangan.

Suhu Penyalaan Sendiri
Suhu penyalaan sendiri adalah suhu dimana bahan bakar akan menyala tanpa bantuan percikan atau nyala api dari luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.