Pengenalan Prinsip Kerja Komponen Rotary Drill MD6290

Menaikkan dan Menurunkan Jack
Bila menurunkan jack (meratakan posisi mesin): Pertama ratakan posisi mesin dari sisi ke sisinya kemudian dari depan ke belakang. Selalu gunakan kontrol jack depan terakhir untuk memastikan beban terbagi secara merata diantara kedua jack depan. Lakukan sebaliknya untuk menaikkan jack. Ingat jack depan selalu yang terakhir.

mast

Menaikkan & Menurunkan Mast
Bahaya: Perhatikan sebelum menaikkan/menurunkan mast. Bekerja di dekat, atau bersinggungan dengan kabel listrik akan menyebabkan kecelakaan yang parah bahkan kematian. Pastikan semua orang jauh dari mesin.

PERINGATAN Selalu meratakan posisi mesin sebelum menaikkan/menurunkan mast dan sebelum mengebor.

Pastikan secara visual bahwa pin pengunci mast sepenuhnya terpasang di dalam lubang braket pengunci mast sebelum mengebor. Juga pastikan pin terlepas sepenuhnya sebelum menurunkan mast.

silinder pengunci

Menaikkan dan Menurunkan Mast
Menaikkan Mast:

  1. Periksa orang di sekitar atau di dalam mesin dan periksalah apakah mast bebas dari kabel listrik
  2. Pastikan bahwa mesin di jack secara
  3. Periksa mast apabila ada alat atau komponen bor yang kendor tertinggal di atas
  4. Pastikan bahwa mata bor akan bebas dari area deck. Pemeriksaan visual terhadap posisi hotary head dan lampu peringatan “Pipa di dalam Lubang” harus dilaksanakan
  5. Naikkan mast dengan menghubungkan tuas mast pada posisi mast harus mulai terangkat jika tidak, periksa tekanan sistem hidrolik untuk mengetahui aux pump telah hidup dan ada tekanan yang cukup. Max = 2800 PSI
  6. Pada saat mast mendekati posisi vertikal, kecepatan mast cenderung akan meningkat, sehingga perlu menurunkan kecepatannya untuk mencegah mast membentur dasar mesin terlalu.

MENAIKKAN MAST

PERHATIAN: Mast harus didudukkan sampai pada dasar mesin selambat dan selembut mungkin. Kerusakan mekanisme yang parah pada mast dan rangka penopang dapat terjadi jika hal ini tidak dilakukan. Sudut mast dapat diatur dari 70 derajat sampai vertikal tergantung permintaan pengeboran. Apabila sudut mast telah diatur sesuai kebutuhan, kuncilah mast pada posisinya dengan cara menggerakkan sakelar pengunci mast.

PERHATIAN: Mast harus tidak bergerak sebelum pin pengunci mast terlepas. Kerusakan yang serius pada mast dan rangka penopang mast akan terjadi jika mast terkunci kemudian direbahkan.

Menurunkan Mast:

    1. Periksa bahwa busur ayun kepala mast berada pada posisi yang tidak bersinggungan dengan struktur lain atau kabel
    2. Periksa keamanan peralatan pada mast, pindahkan semua alat dari mast dan deck kerja dan simpan semua peralatan pada deck, dan periksa apakah sudah aman atau belum
    3. Pastikan mata bor akan membebaskan area deck kerja dengan memastikan bahwa tanda peringatan “pipa di dalam lubang” tidak ada
    4. Ayun kunci HOBO ke tengah mast setelah memastikan rahang (jaws) dalam keadaan
    5. Putar (Pengisi pipa jenis korsel) pemuat pipa bor pada posisi penimbunan dan ayun pengisi ke arah bagian tengah mast untuk memastikan bahwa anda tidak mendorong dengan keras pengisi pipa ke drill. Pengisi pipa bor berada pada posisi “penyimpanan” pada saat korsel berputar, kunci pada posisi tengah “non-pipe-loading” untuk memastikan pipa-pipa berada dalam keadaan aman sehingga pipa-pipa tsb. tidak mungkin meluncur balik dan jatuh dari korsel
    6. Lepaskan kunci dan turunkan mast dengan tuas mast yang mengendalikan kecepatan, supaya mast dapat duduk pada penyangganya dengan perlahan.

PERHATIAN: Pastikan rotary head bebas dari carousel sebelum diswing ke dalam.

Prosedur Towing Drill dan Intertrack Undercarriage Caterpillar MD6290

Prosedur Towing Drill
towing drill

Sebelum towing drill rig, pastikan kalau final drive dalam keadaan bebas. Ini sangat mudah dilakukan pada final drive intertrac melalui pelat pelepas. Lihat bagian 3 pada buku manual untuk penjelasan prosedur lebih lengkap. Lepas kedua baut dan masukkan baut yang lebih panjang ke dalam lubang ulir sampai kepala baut menyentuh permukaan plat/mentok. Hal ini akan melepaskan poros input dari sun gear.

PERHATIAN: Pastikan bahwa rig diparkir pada tanah yang datar, atau diganjal dengan aman pada mesin penarik sebelum release brake.

Intertrac Undercarriage
Dua buah motor jenis piston axial, satu pada setiap track, masing-masing memberikan tenaga sampai 204Hp (152kW), pastikan kecepatan dan arah dapat dikendalikan secara terpisah. Masing-masing track yang bergerak pada sepuluh (10 ) track roller yang diseal dan penuh oli, dan dua (2) roller carrier bagian atas, dan memiliki bantalan (pad) lebar 29,5” (750mm) dengan triple grouser memberikan traction yang baik dan 66% keseimbangan saat berjalan dengan mast di bawah. Track roller dilindungi oleh rock guard yang panjang.

intertrack under carriage 1

intertrack under carriage 2

Pivot Shaft Crawler dan Equaliser Bar
Rangka utama dipasangkan pada track oleh rangka pivot crawler/pivot track dan equaliser bar. Pivot rangka utama di sumbu belakang, juga disebut pivot rangka crawler atau pivot track. Penutup yang keluar dari setiap sisi rangka utama dan meluncur ke dalam rumah terpasang pada sisi rangka crawler . Selalu pastikan bahwa jalur grease terpasang dan pivot point mendapatkan grease. Setiap track dimungkinkan sedikit bergerak karena adanya batang keseimbangan. Ini adalah tiga titik tumpu yang dihubungkan ke track melalui batang yang menumpu pada rangka utama. Pin penumpu penyeimbang bagian luar mempunyai bantalan berbentuk bulat sebagai penumpu.

Jack Cylinder dan Mast Cylinder pada Caterpillar MD6290

Rangkaian Jack
limit switch

Ke empat buah silinder jack mempunyai panjang langkah 48”. Keempatnya dilengkapi dengan katup penyeimbang internal (counter balance valve), untuk memastikan:

  1. Drill tetap pada ketinggian yang tetap selama pengeboran,
  2. Mencegah drill turun disebabkan oleh hilangnya atau terputusnya saluran hidrolik. Kaki jack terpasang pada rangkaian jack dengan dua buah sambungan berbentuk D.

jack

Satu dilas pada kaki, satu lagi dipasangkan pada rangkaian. Hal ini memungkinkan sambungan yang lebih lentur pada kaki saat mendongkrak pada tanah yang tidak rata. Grease harus terlihat melapisi tabung bagian dalam saat jack memanjang pada setiap posisi. Hal ini memastikan bahwa jack terlumasi. Grease dipasok ke jack dari grease otomatis/manual. Lihat servis manual bagian 3 dibagian petunjuk pelumasan.

Mast Raise Cylinder
cylinder mast

Setiap dua silinder pengangkat mast mempunyai lubang berdiameter 7” (178 mm) dan diameter rod 3,5” (88,9 mm). Langkah silinder 38” (965 mm), dan masing- masing mempunyai daya angkat 47.991 Kg (105.800 lb). Silinder dapat mengangkat mast dengan karosel berbeban penuh, pada posisi tegak, atau menurunkannya pada posisi datar kurang dari 40 detik. Untuk keseimbangan yang lebih besar pada saat mast pada posisi tegak sebenarnya langkah silindernya lebih panjang 1/8“. Setiap silinder penegak mast mempunyai katup keseimbangan yang menyatu pada sirkuitnya. Tuas penggeraknya ditempatkan pada konsul kabin dekat pada tuas jack.

counter balance valve

mast counter balance valve

Idler Roller MD6290

Idler roller terdiri dari roda idler/roller, pengatur track dan recoil spring. Roda idler diisi dengan oli dan permukaannya diperkeras untuk mengurangi keausan. Idler dirancang sedemikian rupa sehingga kotoran tidak dapat masuk ke dalam idler. Pegasnya tetap dipasang pada batang melintang dan duduk pada rel pengarah di dalam rangka crawler. Fungsinya adalah untuk menahan beban track yang sangat berat.

CATATAN: Pegas bertekanan beberapa ton JANGAN sekali-kali mencoba melepasnya dari penutup pegas. Dapat menyebabkan luka serius atau kematian!!

Track adjuster, digunakan untuk mengencangkan track. Ketika grease dipompakan ke dalam track adjuster, kemudian idler akan mendorong rantai track.

idler md6290

Untuk mengendorkan track, lepas pelat penutup dan kendorkan relief valve maksimum satu putaran. Jika track tidak mengendor, jalankan unit ke belakang dan ke depan untuk melepaskan tegangan, tetapi JANGAN mengendorkan relief valve lebih jauh. Untuk mengencangkan track, lepas pelat penutup dan sambungkan grease gun pada grease fitting dan pompa sampai track mencapai penyetelan yang tepat.

kekencangan track md6290

Penyetelan track yang tepat sangat penting untuk memperpanjang usia crawler. Penyetelan yang tepat adalah terjuntai 25-30 mm diantara mistar baja dan bagian atas pelat grouser, pada bagian track antara final drive dan carrier bagian atas atau idler roller dan bagian atas roller carrier, atau di daerah bebas yang panjangnya 1 m.

Control Console MD6290

control console

Melevelkan Jack
Menurunkan mast , dilakukan oleh tuas hidrolik operasi pilot yang ditempatkan di sebelah kanan panel kontrol. Satu tuas mengendalikan jack kanan-belakang, satu lagi mengendalikan kedua jack depan, sementara tuas ke empat digunakan untuk menaikan / menurunkan mast.

Tuas pengendali Travel seperti terlihat pada gambar digunakan untuk mengatur kecepatan dan arah jalannya track. Setiap track secara terpisah dan tersendiri dikendalikan oleh sebuah tuas.

Feed control seperti terlihat pada gambar mengatur sistim naik turunnya rotary head, sementara tuas lainnya mengatur arah putaran dan kecepatan

instrumen panel